Jumat, 27 Agustus 2010

Pemain Organ Tunggal

 Ada dua bidang yang berbeda yang digeluti pemain Electone (Organ Tunggal/OT)
  1. Musik (Pemain Musik)
  2. Entertainer (Penghibur)
Sebagai pemain musik, berarti dia memainkan suatu alat musik entah untuk hobby ataupun untuk bisnis.
Sebagi penghibur, berarti dia menghibur orang lain/ sekelompok orang.

Dari dua bidang tersebut muncullah 4 Kuadran yang berbeda :

Jago bermain musik dan jago pula menghibur orang lain
Di Kuadran ini, anda menjadi "Pemain Top". Laris manis, dan anda bisa sesuka hati mendapat fee yang anda inginkan.
Pada kondisi persainganpun, anda tinggal menyamakan harga dengan saingan anda. tetap saja anda yang akan mendapatkan job tersebut.
Kecuali kalo saingan anda adalah menantu yang punya hajat.....he he he.

Jago bermain musik tapi gak bisa menghibur orang lain
Biasanya terjadi pada Pemain Musik yang hanya menjadikan Musik sebagai "Hobby", dan sama sekali tidak mau terjun ke bisnis entertaint.
Bisa juga terjadi pada Pemain Musik yang "Pemalu" atau "Demam Panggung", begitu di atas pentas malah gak bisa main atau amburadul, salah salah anda malah dilempar botol oleh penonton yang kecewa.
Kondisi ini juga bisa terjadi pada Pemain Musik yang "Idealis" pada musiknya, sudah tau pentas dangdut tetap ngotot membawakan musik klasik giliran konser klasik malah mainin lagu dangdut.

Gak bisa main musik tapi jago menghibur orang lain
Ada beberapa trik yang bisa dipakai di Kuadran ini,
  • Jadi "Operator Song", bawalah midi file sebanyak mungkin, ketika song sudah di-play, pura-puralah anda jadi pemain musik yang handal, kalau perlu sampai jari-jari tangan anda teranyam jadi satu.
  • Pemain "Lipsing", mintalah bantuan operator sound untuk memainkan kaset atau CD hasil rekaman anda di studio, kemudian pura-puralah bermain musik dan bernyanyi. Kalo perlu putarlah lagu asli dari sang artis, maka penonton akan terkagum-kagum anda bisa meniru suara Mantous, ataupun Broery seperti aslinya, bahkan suara anda pun bisa persis BCL.
  • Pemain "Theatrikal", untuk menutupi kekurangan anda di bidang musik, berdandanlah anda ala Beatles, ataupun Rama Aipama ataupun jadi Banci di panggung, maka perhatian penontonpun akan lebih terfokus pada dandanan anda daripada musik yang anda mainkan
Gak bisa main musik juga gak bisa menghibur orang lain
Jika anda di kuadran ini, segeralah anda beralih profesi. Carilah profesi yang tidak membutuhkan kemampuan bermain musik dan kemampuan menghibur orang lain. Misalnya jadi "Direktur" ataupun "Tukang Batu", dua profesi tersebut tidak pernah meminta anda untuk bermain musik ataupun menghibur orang lain.





Kalau Aku....?
Kayaknya aku di kuadran ke 4, karena memang aku dilahirkan dengan bakat Direktur, dari kata : direken .......(dijadikan, bahasa jawa timur) ...............batur......(pembantu, bahasa jawa tengah)

Wkwkwkwkwkwkwkwk................................





Cibuk Lor, Kamis legi, Agustus 2010.

1 komentar:

  1. Wak kak kak kak kak kak... Pencen leres ngendikane panjenengan Pak... Nek kulo niki kuadran yang kelima kaya'nya... Ada pilihannya gak sih...???...

    BalasHapus